HALAQOH TADABBUR AL-QUR’AN

halaqoh 1 halaqoh 2 halaqoh 3

Selasa, 03 September 2013

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan kepada segenap umat Islam di muka bumi melalui perantara Nabi Muhamad SAW.¬† Al-Qur’an yang diturunkan dalam bentuk bahasa Arab tersebut dimaksudkan agar kita semua dapat merenungkan dan menafsirkan makna yang terkandung di dalamnya baik yang tersirat maupun yang tersurat. Dengan banyaknya penafsiran Al-Qur’an baik yang telah disusun oleh para ulama’ terdahulu hingga ulama’ di masa sekarang, al-Qur’an tetaplah mempunyai daya tarik makna dan pemahaman yang bisa diungkapkan oleh masing-masing individu dalam pembacaannya terhadap teks dan konteks al-Qur’an tersebut.

Oleh karena itu, Tim Dosen PRODI Pendidikan Bahasa Arab STAIN Salatiga mempunyai gagasan untuk mengadakan satu forum diskusi yang dimaksudkan untuk mengajak para civitas akademik STAIN Salatiga¬† dalam berperan aktif menggali lebih dalam makna yang terkandung di dalam ayat-ayat al-Qur’an tersebut. Dengan dikoordinir oleh Bapak H. Agus Ahmad Suaidi, Lc., MA. kegiatan Halaqoh Tadabbur Al-Qur’an dimulai hari Selasa, 3 September 2013 dengan mengambil tempat di Masjid Darul Amal. Hadir dalam kegiatan perdana halaqoh tersebut 14 orang civitas akademik yang terdiri dari staff pengajar, karyawan dan juga dari unsur mahasiswa. Menurut beliau, kegiatan ini bermaksud untuk saling bertukar pengalaman dan pendapat para peserta dalam menggali dan mendalami makna yang terkandung dalam ayat-ayat al-Qur’an.

Kegiatan halaqoh ini insyAllah akan dilaksanakan setiap hari Selasa bakda solat Dhuhur di masjid Darul Amal STAIN Salatiga. Oleh karena itu kami mengundang para civitas akademik STAIN Salatiga khususnya untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Sehingga STAIN Salatiga ke depannya dapat menjadi kampus rujukan dalam kajian Al-Qur’an. (hnf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *